AGENDA KEGIATAN SUPRA CENTER

Agenda Kegiatan Supra Center dapat anda lihat selengkapnya di link berikut :

Minggu, 28 Juni 2009

Dukungan Tatakelola Keuangan Perguruan Tinggi pada Penjaminan Mutu

Perkembangan dunia pendidikan tinggi saat ini sungguh sangat dinamis. Dimulai dengan mulai masuknya perguruan tinggi asing di Indonesia, kebijakan pemerintah dalam hal pengelolaan PTN yang dimulai dengan kewajiban akreditasi perguruan tinggi, model BHMN, BLU, dan yang terakhir model BHP. Arah dari kebijakan tersebut sebenarnya adalah usaha pemerintah untuk mendorong kualitas PTS maupun PTN. PTN maupun PTS diberikan kewenangan untuk mengelola perguruan tinggi secara mandiri dan akuntabel, transparan, dan profesional. Dengan kenyataan tersebut, dalam jangka panjang, hal utama yang harus diutamakan salah satunya adalah MUTU tatakelola perguruan tinggi. PTN atau PTS yang tidak mampu memberikan sesuatu outcome yang baik yang dihasilkan dari input dan proses yang bermutu sulit untuk dapat eksis. Banyak perguruan tinggi mulai menyadari tantangan di atas dan mulai mencoba menerapkan penjaminan mutu dalam rangka meningkatkan daya saing. Mutu dipahami sebagai totalitas karakteristik dan gambaran produk atau jasa.Perlu dibedakan di sini dua istilah yang sering campur aduk, yaitu kendali mutu dan penjaminan mutu. Istilah pertama lebih concern terhadap proses mutu dihasilkan, sedangkan istilah kedua berbicara mengenai sistem dalam rangka memastikan mutu dan penjaminan mutu tidak mungkin dilakukan tanpa adanya sistem mutu.
Terdapat lima prioritas mesin penggerak "budaya mutu", yaitu aspek administrasi akademik dan nonakademik terutama keuangan, infrastruktur, sumber daya manusia, riset, serta proses belajar-mengajar di kelas. Dalam rangka penciptaan proses bisnis perguruan tinggi yang bermutu, dibutuhkan komitmen pimpinan pendidikan tinggi yang kuat dan penuh dalam rangka merealisasikan transformasi budaya organisasi yang sinambung menjadi prasyarat mutlak.
Pada sisi pengelolaan keuangan, dalam rangka mendukung proses bisnis yang bermutu, SupraCenter Training&Consulting menawarkan konsep tatakelola keuangan pergurian tinggi berbasis mutu dan kinerja yang telah dirintis di PTS dan PTN antara laian UPI Bandung, Poltek Negri Semarang, UM Magelang, Univ Sahid Jkt, Univ IEU Jakarta, UM Yogyakarta, STIKES Aisyiyah Yogyakarta, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan masukan yang bermanfaat bagi kami....